Minggu, 27 Februari 2011

 A. Pengertian Global Warming
Global Warming atau yang sering disebut dengan pemanasan global adalah kejadian naiknya suhu rata-rata lapisan udara (atmosfir), laut dan daratan bumi yang disebabkan oleh kelebihan gas rumah kaca. Pernyataan itu diperkuat lagi dengan pernyataan Direktur NASA Michael Griffin dalam wawancara dengan sebuah radio lokal di AS belum lama ini, yang menunjukkan keraguan sang direktur bahwa pemanasan global adalah tantangan terbesar yang harus diatasi manusia.


Contoh gambar dari Global Warming


B. Kenapa Pemanasan Global bisa terjadi?
Pemanasan global sebagian besar disebabkan oleh kegiatan-kegiatan manusia. Seperti naik kendaraan bermotor  mengeluarkan gas karbon monoksida, pemakaian listrik, adanya gas-gas pabrik, dan pembakaran hutan adalah beberapa contoh kegiatan yang menyebabkan pemanasan global. Kegiatan-kegiatan tersebut menghasilkan karbondioksida gas-gas lainnya yang sering disebut gas rumah kaca.



Gambar: Proses terjadinya Global Warming

C. Efek Rumah Kaca
Sinar matahari yang menembus permukaan bumi sebagian diserap oleh bumi, sebagian lagi dipantulkan kembali ke udara. Jadi, semakin banyak gas rumah kaca yang tertahan dilapisan udara (atmosfer) kita, maka semakin banyak panas yang dipancarkan ke bumi kita. Hal ini menyebabkan udara menjadi panas dari biasanya. Panas yang dirasakan seperti berada dalam rumah kaca. Itulah sebabnya disebut efek rumah kaca.
Berikut dampak efek rumah kaca:
a) Es di kutub mencair, mengakibatkan permukaan air laut naik.
b) Udara menjadi sangat panas.
c) Tanaman pertanian akan rusak.


D. Kerusakan Lapisan Ozon
Lapisan ozon merupakan suatu lapisan yang memiliki sifat menyerap sinar ultraviolet, sehingga tidak semuanya jatuh ke permukaan bumi.
Pengaruh lapisan ozon terhadap kehidupan manusia:
a) Sinar ultraviolet yang terlalu banyak dapat membahayakan makhluk hidup, bahkan akan menimbulkan kanker kulit, kebutaan dan kematian.
b) Tanaman tidak dapat tumbuh.



Gambar: Sebab dan Efek Global Warming

E. Akibat Global Warming
Bila pemanasan Global terus berlangsung, daerah belahan bumi bagian utara akan menjadi panas. Sehingga gunung-gunung es akan mencair dan daratan pun akan mengecil. Selain itu, air akan lebih cepat menguap dari tanah yang akan mengakibatkan kekeringan dan topan badai. Akibat dari pemanasan global ini, hewan dan tumbuhan akan mencari tempat tinggal baru. Hewan-hewan akan berpindah ke tempat yang lebih sejuk seperti pegunungan, atau ke arah kutub. Sedangkan tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya. Meskipun hewan dan tumbuhan ini mencari tempat tinggal yang baru, tetapi pembangunan yang dilakukan manusia akan memperlambat kepindahan mereka. Bukan tidak mungkin, hewan dan tumbuhan ini akan musnah di kemudian hari.

F. Proses Rusaknya Lapisan Ozon
a) Lapisan ozon akan bereaksi dengan zat Chlouro Flouro Carbon (CFC).
b) CFC banyak terdapat pada kulkas, semprotan minyak wangi dan
semprotan insektisida.
c) CFC yang membubung ke udara akan masuk ke lapisan ozon. Selanjutnya, CFC akan memengaruhi ketebalan lapisan ozon. Sehingga lapisan ozon menjadi menipis.


G. Usaha-usaha untuk Mencegah Global Warming
• Memanfaatkan kembali barang-barang yang telah digunakan.
• Menggalakkan penanaman dijalur hijau jalan raya dan hutan kota.
• Hemat energiSelalu matikan listrik pada alat yang sedang tidak dipakai. Seperti: lampu, kipas angin, televisi, dan computer.
• Membeli barang yang hemat kemasan.
• Pilihlah untuk berjalan kaki/ naik sepeda onthel untuk mengurangi penggunaan bahan bakar yang menghasilkan gas rumah kaca.

0 komentar:

Poskan Komentar